Sempat Dirawat, Warga Sambas Kalimantan Barat Serahkan Buaya Peliharaan ke BKSDA

Sebarkan:

Buaya saat diserahkan warga kepada BKSDA Kalbar.
Sambas, Kalbar (Suara Nusantara) – Sarikun seorang warga Desa Matang terap Kecamatan Jawai Selatan memiliki hewan peliharaan buaya yang telah ia rawat sejak seukuran tokek hingga kini buaya kesayanganya tersebut mencapai panjang 2 meter dan dikurung dalam kandang besi.

Sarikun mengatakan jika dirinya memperoleh buaya tersebut dari bosnya saat bekerja di Kecamatan Pemangkat, sejak kecil hingga saat ini telah cukup besar dan dirinya kewalahan saat memelihara buaya tersebut.

“Kalau dulu masih kecil tidak takut,sekarang sudah sangat besar bobot saja mencapai 60kg,” kata Sarikun Senin (06/05/2024) siang.

Lantaran dianggap membahayakan anggota keluarga, Sarikun sepakat menyerahkan buaya tersebut kepada pihak berwajib, Sarikun menjelaskan jika Keluarganya juga menerima dan memelihara hewan tersebut. Bahkan keluarga tersebut sempat tidur bersama buaya.

“Buaya itu  kami rawat, mandikan bahkan sempat tidur sama buaya itu karna kita sayang, dan seperti keluarga sendiri ” tuturnya.

Sementara itu Kapolres Sambas AKBP Sigiyatmo menjelaskan , pemilik tidak dikenai hukum karena memelihara buaya muara ini. Meskipun merupakan spesies yang dilindung terlebih warga menyerahkan dengan sukarela hewan liar tersebut.

“Hewan ini masuk dalam kategori dilindungi dan kami berharap masyarakat lain yang memiliki hewan dilindungi dapat menyerahkan kepada petugas terkait,” terang Kapolres.

Pasca dilaporkan oleh sarikun Kepolisian Sektor Jawai Selatan bersama BKSDA melakukan evakuasi buaya tersebut dan rencananya akan berikan kepada Taman kebun binatang Sinka Zoo untuk di rehabilitasi. [sk]

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini