Syukuran HPN, PWI Sekadau, Kalimantan Barat Kick Off PWI Goes To School

Sebarkan:

Ketua PWI Sekadau Dina Mariana menerima tumpeng dari Asisten I Setda Sekadau Heronimus. SUARANUSANTARA.CO.ID/ist
Sekadau, Kalbar - Puluhan siswa SMK Amaliyah Sekadau antusias mengukuti sosialisasi dan pelatihan tentang Jurnalistik dalam rangkaian syukuran Hari Pers Nasional (HPN) 2024 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sekadau dan Kick Off PWI Goes To School di Aula SMK Amaliyah Sekadau,Selasa (20/2/2024). 

Sebelum acara syukuran diawali materi jurnalistik  disampaikan Kundori, pimpinan Suarakalbar.co.id yang juga Penasehat PWI Sekadau. Ia memaparkan tentang perbedaan media sosial dan produk pers atau jurnalistik. Sehingga peserta dapat memahami seiring perkembangan digitalisasi yang semakin pesat saat ini.

Selain itu, dilanjutkan memberikan teori jurnalistik dasar seperti menulis berita, mulai dari pembuatan judul, teras atau lead dan isi berita. "Mudah-mudahan pelatihan singkat ini bisa dipahami adik-adik tentang apa itu jurnalistik," ujar Kundori.

Ketua PWI Sekadau, Dina Mariana, mengatakan Hari Pers Nasional adalah peringatan tahunan yang diselenggarakan setiap tanggal 9 Februari, yang juga bertepatan dengan Hari lahir Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Hari Pers Nasional merupakan penghargaan bagi seluruh insan pers yang telah berkontribusi dalam memajukan dan menjaga keutuhan bangsa. Sesuai tema Hari Pers Nasional tahun ini“Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa,” maka insan pers menjadi pengawal transisi kepemimpinan yang demokratis, profesional, dan berintegritas. Pers juga diharapkan menjadi penjaga keutuhan bangsa yang beragam, toleran, dan harmonis.

"Perlu kami sampaikan bahwa PWI Kabupaten Sekadau mengundur perayaan peringatan hari pers nasional, yang seyogyanya dilaksanakan pada 9 Februari lalu. Namun mengingat, waktu yang dekat dengan gelaran pesta demokrasi, maka baru hari ini perayaan hari pers nasional ini kami selenggarakan secara sederhana. Namun, tidak mengurangi makna dan esensi dari perayaan itu sendiri, " kata Dina.

Pada kesempatan ini, PWI Sekadau menyampaikan apresiasi, terima kasih, dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada penyelenggara pemilu, pemerintah daerah, aparat keamanan TNI/Polri, serta seluruh stakeholder terkait yang sudah bekerja keras untuk memastikn pemilu tahun 2024 ini berjalan dengan aman, damai, dan lancar, khususnya di wilayah Kabupaten Sekadau.

PWI juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran forkopimda yang telah mendukung pers yang ada di kabupaten sekadau. Diharapkan kerja sama yang sudah terjalin dengan baik selama ini dapat terus berjalan dan ditingkatkan serta semakin lebih baik lagi.

Pada momentum syukuran peringatan hari pers nasional ini, diharapkan juga karya rekan-rekan wartawan bisa lebih berdampak dan memajukan negeri, secara khusus daerah Kabupaten Sekadau.

Diketahui bahwa PWI Kabupaten Sekadau memiliki program yaitu PWI Sekadau Goes to School. Pada momentum yang berbahagia ini, PWI Kabupaten Sekadau mengemas acara syukuran peringatan hari pers nasional sekaligus memulai program PWI Sekadau goes to School.

Program ini menyasar pelajar SMA yang ada di Kabupaten Sekadau, tujuannya adalah untuk mengenalkan ilmu jurnalistik sehingga para pelajar yang merupakan generasi z (dibaca: gen z) ini paham dan mengetahui, minimal bisa membedakan mana informasi hoaks mana yang bukan.

Sehingga, mereka dapat memilah mana yang boleh dipublikasikan ke media sosial, mana yang tidak boleh. Program ini dimulai laksanakan di SMKAmaliyah Sekadau. di mana PWI Kabupaten Sekadau dan SMK Amaliyah telah mendatangani kerja sama atau MoU dalam rangka meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) melalui penyelenggaraan kegiatan jurnalistik.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Sekadau, AKBP I Nyoman Sudama, Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Sekadau, John Christian Lumban Gaol, Danramil Sekadau Hilir, Asisten 1 Setda Sekadau Hieronimus Kabid Kominfo Hartono. [sk]

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini