Dua Dusun di Kuala Mandor A Kabupaten Kubu Raya Masih Banjir Anak-anak Mulai Menderita Gatal

Sebarkan:

Banjir di Kubu Raya masih merendam rumah warga.
Kubu Raya, Kalbar - Banjir masih melanda Desa Kuala Mandor A Kabupaten Kubu Raya hingga Sabtu (25/03/2023) siang namun kini banjir tersebut mulai berangsur surut usai tiga dusun yang terendam, kini tinggal dua dusun yakni Dusun Karya Bakti dan Dusun Karya Sejati menyisakan hampie 300 kepala keluarga di dua dusun tersebut.

Kepala Desa Kuala Mandor A H.Munawi mengatakan banjir yang melanda tiga dusun selama sepekan tersebut memang sudah berangsur – angsur surut hanya menyisakan dua dusun saja yang masih tergenang. “Ketinggianya sekarang hanya 20 sampai 50 CM saja kalau sebelumnya jalan saja susah dilalui bahkan banjir tersebut ada yang masuk kedalam rumah warga,” kata H.Munawi.

H.Munawi menjelaskan jika banjir tersebut sempat membuat masyarakat tidak dapat beraktivitas baik bekerja dan lainya lantaran tingginya debit air yang menggenangi tiga dusun yang menaungi 527 kepala keluarga tersebut.

“Masyarakat mayoritas Bertani dan bekerja diluar wilayah desa, mereka tidak dapat bekerja karna  dua dari tiga dusun itu cukup parah banjirnya,” jelasnya.

Cukup lamanya tiga dusun di Kuala Mandor A yang terendam banjir, H.Munawi mengaku jika anak-anak di wilayah terdampak banjir sudah menderita sejumlah penyakit seperti batuk , demam dan bahkan gatal-gatal akibat genangan tersebut.

“Penanganan anak-anak yang menderita penyakit itu kita siagakan  tenaga medis dari puskesmas pembantu agar tidak semakin parah dan banyak yang terjangkit penyakit pasca bannjir ini,” paparnya.

Meskipun sudah berangsur surut banjir yang melanda desa Kuala Mandor A masyarakat pun berharap adanya bantuan agar memudahkan masyarakat, terutama bahan makanan dan kebutuhan lainya. [sk]

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini