Kompetisi Inovasi Ciptakan Terobosan Pelayanan Publik di Pontianak

Sebarkan:

Sosialisasi Kompetisi Inovasi Kota Pontianak di Aula Sultan Syarif Abdurrahman (SSA) Kantor Wali Kota Pontianak, Rabu (18/9/2024)./Suara Kalbar
Pontianak, Kalbar (Suara Nusantara) - Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak Ani Sofian membuka Sosialisasi Kompetisi Inovasi Kota Pontianak di Aula Sultan Syarif Abdurrahman (SSA) Kantor Wali Kota Pontianak, Rabu (18/9/2024).

Ani Sofian menilai, untuk menciptakan sebuah inovasi, hal terpenting adalah bagaimana inovasi itu bisa memberikan kemudahan, cepat dan tidak berbelit-belit dalam pelayanan publik. Melalui kompetisi inovasi, diharapkan bisa menghasilkan inovasi yang memberikan manfaat dan dampak luas bagi masyarakat.

“Saya berharap melalui Kompetisi Inovasi ini dapat memacu semangat para ASN di lingkungan Pemkot Pontianak dalam memberikan terobosan, baik di bidang pekerjaan maupun dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Tingkat kepuasan masyarakat menjadi tolok ukur dalam mengukur keberhasilan pelayanan publik di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak. Dibutuhkan inovasi untuk memberikan kemudahan dan percepatan dalam pelayanan publik.

Ia memaparkan, Pemkot Pontianak dalam bidang pelayanan publik telah berhasil mendapatkan penilaian terbaik. Tahun 2023 misalnya, diwakili tiga unit kerja di lingkup Pemkot Pontianak, pemantauan dan penyelenggaraan pelayanan publik memperoleh hasil sangat baik.

Kemudian, dalam pengukuran Indeks Inovasi Daerah tahun 2024, untuk sementara Kota Pontianak masuk di jajaran kota sangat inovatif. Saat ini penilaian masih terus berlangsung dan diharapkan hasil tersebut dapat bertahan hingga masa penilaian selesai.

Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Pontianak Azhari Giza Putra menjelaskan kompetisi Inovasi Kota Pontianak Tahun 2024 merupakan kolaborasi antara Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Pontianak dengan Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Bappeda Kota Pontianak.

Kegiatan itu bertujuan untuk mendorong kompetisi positif antar penyelenggara pelayanan publik dalam peningkatan kualitas pelayanan dan pembangunan guna kesejahteraan rakyat. [SK]

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini