Gempa Kembali Guncang Kapuas Hulu, Kalimantan Barat

Sebarkan:

Peta wilayah Kapuas Hulu
Kapuas Hulu, Kalbar (Suara Nusantara) - Usai beberapa waktu lalu masyarakat merasakan getaran gempa yang terjadi di Kapuas Hulu, saat ini gempa kembali melanda Kabupaten Tersebut sekitar pukul  19.54 WIB Senin ( 25/03/2024)

Kepala Stasiun Geofisika Manado Tono Agus Wijaya menyebut hasil analisis BMKG wilayah Kapuas Hulu diguncang gempa bumi tektonik yang memiliki parameter 4,3 episenter gempa bumi pada koordinat 1.14 lintang utara dan 113.03 Bujur Timur.

" Bisa dideskripsikan jika lokasi gempa 34 kilometer barat laut kapuas hulu pada kedalaman 10 kilo meter," kata Toni

Toni menyebut jika gempa tersebut dikarenakan aktivitas sesar lokal yang menyebabkan getaran pada kedalaman 10 meter di kawasan Kapuas Hulu.

"Kita perhatikan  lokasi episenter dan kedalaman hiposenter gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal," paparnya.

Dampak yang terjadi akibat getaran tersebut tidak sampai merusak fasilitas dan perumahan warga, namun berdasarkan laporan masyarakat jika saat gempa seperti ada kendaraan besar yang melintas.

"Terpantau hingga saat ini tidak ditemukan adanya gempa susulan diharapkan tidak terjadi kembali," tambahnya.

Adanya gempa kembali di Kalimantan Barat masyarakat diminta untuk tidak panik dan terpengaruh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarnya. [sk]

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini