Waspada Banjir, BPBD Kalimantan Barat Patroli Air di Sungai Kapuas

Sebarkan:

Tim BPBD Kalbar melakukan patroli di Sungai Kapuas. SUARANUSANTARA.CO.ID/SK
Pontianak,Kalbar (Suara Nusantara) - Langkah tindak lanjut terhadap peringatan dini yang telah disampaikan BMKG jika februari  seluruh wilayah Kalimantan Barat berpotensi banjir. BPBD Kalbar menggencarkan patrol air di Sungai Kapuas.

Ketua Satgas Informasi BPBD Kalbar, Daniel mengatakan tujuannya guna mendeteksi dini apakah air di Sungai Kapuas sudah mulai naik, sehingga jika  terjadi banjir maka petugas dapat segera mengetahui solusi yang harus dilakukan.

“Kami melakukan patrol dari muara jungkat hingga perbatasan kabupaten Sanggau. Tidak hanya untuk banjir namun saat karhutla juga cukup penting agar kita mengetahui dimana titik air yang dapat diambil saat karhutla,” kata Daniel Senin (26/02/2024) pagi. 

Daniel menjelaskan tidak hanya BPBD Kalbar ,namun BPBD Kabupaten Kota lain dihimbau untuk patroli air jika memiliki perhuluan sungai agar dapat melakukan deteksi dini terhadap wilayah -wilayah rawan banjir.

“Terkait BPBD Kabupaten kota lainya kami sudah melakukan arahan untuk menggencarkan patroli air, kami harap arahan dapat ditindak lanjuti,” jelasnya.

Daniel menyebut patrol yang sudah dilakukan sejak beberapa hari terakhir, petugas menemukan fakta jika debit air mulai mengalami kenaikan artinya berpotensi menimbulkan banjir.

“Hingga saat ini,sudah ada dua wilayah yang masih terendam banjir yakni Kabupaten Sintang dan Kabupaten Kapuas Hulu,” tutupnya. [sk]

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini