Sungai Sebalau di Kabupaten Bengkayang Meluap, Rumah Penduduk Terendam Banjir

Sebarkan:

Banjir rendam rumah penduduk di Kabupaten Bengkayang, Kalbar. SUARANUSANTARA.CO.ID/ist
Bengkayang, Kalbar (Suara Nusantara) - Intensitas hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir di Kalimantan Barat juga melanda Kabupaten Bengkayang alhasil Sungai Sebalau meluap dan merendam sejumlah rumah di Kelurahan Bumi Emas, Kecamatan Bengkayang, Kabupaten Bengkayang. 

Ketua Satgas Informasi  BPBD Kalbar Daniel mengatakan banjir melanda Kabupaten Bengkayang pada Kamis (04/01/2024) siang sekitar pukul 15:00 WIB sampai pukul 21.00 WIB,banjir tersebut dikarenakan hujan yang turun berdurasi lama sehingga meluapnya sungai sebalau.

"Ketinggian banjir sekitar 2 meter, akibat banjir ini banyak rumah warga terendam dan ratusan kepala keluarga terdampak," kata Daniel Jumat (05/01/2024) pagi.

Daniel menjelaskan selain perumahan warga, banjir juga merendam sejumlah ruas jalan terkait kejadian tersebut BPBD Bengkayang dan instansi terkait lainya melakukan upaya seperti evakuasi para korban.

"Pemkab Bengkayang juga telah menyiapkan lokasi pengungsian untuk warga yang terdampak yakni Gedung Pancasila namun ada pula warga yang mengungsi di rumah keluarga," jelasnya.

Hingga saat ini warga dan fasilitas umum yang terdampak masih dalam pendataan petugas,BPBD Kalbar mendorong Pemkab Bengkayang untuk segera menetapkan status siaga banjir agar penanganan banjir tersebut lebih optimal. [sep/sk]

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini