Kaktus Tanaman Hias Berduri Namun Ramai Pembeli di Kalimantan Barat

Sebarkan:

Kakkus tanaman hias di Kalbar ramai pembeli. SUARANUSANTARA.CO.ID/ist
Pontianak, Kalbar (Suara Nusantara) – Kaktus merupakan tanaman yang dapat hidup meski tidak rutin disiram dengan air,tanaman kaktus banyak ditemukan di gurun atau daerah yang cenderung kering dan memiliki panas yang cukup terik.

Keindahan tanaman yang banyak memiliki duri ini cocok jika dipajang di sudut rumah, taman sederhana atau bahkan meja kerja untuk menambah semangat, berawal dari kegemaran mengoleksi tanaman kaktus, Riko Pemilik Marnicactus kini berkecimpung di bisnis jual beli tanaman hias tersebut.

“Awalnya istri suka koleksi kaktus dan teman-teman itu nanya apakah dijual, melihat potensi tersebut kami sepakat untuk membuka usaha ini,” kata Riko Sabtu (06/01/2024) pagi.

Kegemaran terhadap tanaman satu ini membuat rico tidak hanya  memiliki kaktus lokal,kaktus dari sejumlah negara luar  seperti thailand dan eropa pun banyak dikoleksi dan diperjualbelikan.

“Kami membeli dari luar lalu dibudidayakan disini dan kalau sudah siap jual baru kita tawarkan ke para pelanggan,” tambahnya.


Rico menjelaskan daya beli masyarakat terhadap tanaman kaktus cukup tinggi, tidak hanya itu diluar Pontianak juga cukup banyak seperti Bali,dominan para pelanggan lebih menyukai kaktus yang memiliki warna cerah.

“Pengiriman ke Bali juga pernah kalau untuk pembeli pemula mereka lebih menyukai kaktus yang berwarna cerah karna lebih menarik,” jelasnya.

Setiap kaktusnya dibandrol dengan harga yang bervariasi, yakni puluhan hingga ratusan ribu,
guna menyesuaikan cuaca di Kalimantan kaktus akan diberi media tanaman berbeda dengan negara atau daerah asal agar bisa beradaptasi dan tidak gampang layu. [sk]

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini