Limbah Pabrik PT ASL di Tayan Hilir Kabupaten Sanggau Bocor Cemari Sungai Akibatkan Ikan Mati

Sebarkan:

Polisi saat cek air tercemar limbag CO PT ASL di Tayan Hilir, Sanggau.
Sanggau (Suara Kalbar) – Kasat Reskrim Polres Sanggau AKP. Sulastri pimpin pengecekan terhadap dugaan limbah yang  bocor milik PT Agri Sentral Lestari (ASL) yang berlokasi di Desa Cempedak,  Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau pada Sabtu (29/4/2023). 

“Setelah menerima laporan adanya dugaan penampungan limbah yang bocor, kami dari pihak Polres Sanggau, kemarin langsung ke lokasi dan  melakukan pengambilan sampel air yang tercemar limbah yang bocor di sungai Batang tebang,”kata AKP Suastri, Minggu (30/04/2023). 

"Dan setelah kita lakukan pengecekan di kolam nomor lima memang ditemukan bekas kebocoran tapi pihak Perusahaan sudah melakukan penimbunan di area kolam yang bocor dengan cara menimbunya dengan tanah," sambung Sulastri.

Saat melkukan pengecekan Sulastri juga mengatakan adanya bekas aliran air limbah dari kolam menuju sungai Batang Tebang dan adanya 1 unit Exsavator yang tumbang disekitaran kolam limbah tersebut.

"Kita juga sudah mengambil sempel air disana, baik sempel dari kolam limbah PT. ASL dan pengambilan Sempel air sungai Batang Tebang yang berdekatan dengan kolam limbah PT ASL dan juga  pengecekan di RT. 02 Dusun Kula Tebang di Desa Melugai dan mendapati Sungai Batang Tebang air berwarna hitam dan berbau diduga berasal dari limbah tersebut dan mendapati Ikan di sungai Batang Tebang terapung dan mati diduga akibat kolam limbah dan ada beberapa keramba terapung ikannya timbul dan mati,"tutupnya. [sk]

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini