Ketua DMI Kalbar Ajak Generasi Muda Memakmurkan Masjid

Sebarkan:

Ketua DMI Kalbar H Ria Norsan melantik pengurus DMI Kabupaten Sekadau.
Sekadau, Kalbar -  Ketua Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Kalimantan Barat, H Ria Norsan melantik Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Sekadau Periode 2023-2028, di Aula Kantor PKK Kabupaten Sekadau, Sabtu (28/1/2023).

Dalam Musyawarah Daerah ke-III, Ahmad Urabi terpilih sebagai Ketua Pengurus Daerah DMI Kabupaten Sekadau secara aklamasi dari hasil para pengurus DMI Kabupaten Sekadau. 

Ria Norsan yang juga menjabat Wakil Gubernur Kalbar ini dalam sambutannya mengutarakan, organisasi DMI merupakan organisasi yang bernafaskan keagamaan, dan independen serta organisasi tidak berpolitik praktis dapat menghimpun segala aspirasi umat. Oleh karena itu, pemberdayaan masjid sebagai sumber kekuatan umat yang harus terus diupayakan oleh DMI, hal ini penting untuk menguatkan kembali peran dan fungsi spiritual masjid.

"Selama ini sebagian besar masyarakat masih menganggap masjid semata-mata merupakan tempat untuk beribadah. Padahal jika kita melihat kembali sejarah, masjid bukan saja dijadikan tempat ibadah akan tetapi merupakan pusat dari sebagian besar aktivitas umat Islam di masanya, baik tempat pendidikan, kegiatan sosial, kegiatan ekonomi di lingkungan masjid," ujarnya.

Norsan juga mengajak para generasi muda untuk memakmurkan masjid yang ada agar tidak tergerus zaman dengan kemajuan teknologi, sehingga melupakan spiritual dalam diri para generasi muda tersebut.
"Untuk itulah DMI perlu peran yang lebih signifikan dengan pemberdayaan masjid agar generasi yang kehilangan konektivitas spiritual seperti generasi-generasi yang sebelumnya mau dan semangat kembali ke masjid untuk memakmurkannya sehingga menjadikan masjid sebagai kolam-kolam spiritual untuk menghilangkan dahaga spiritual setiap muslim," tuturnya.

Norsan juga mengharapkan pemikiran bersama agar Musda di Kabupaten Sekadau ini dapat mengembangkan komunikasi secara terbuka sekaligus mampu menyelesaikan berbagai permasalahan baik di internal maupun eksternal yang dilandasi pola pikir dan wawasan yang luas. 

"Dengan Musda ke-III di Kabupaten Sekadau mampu meningkatkan dan memantapkan kualitas serta keberadaan DMI menjadi prima sehingga dapat berperan secara aktif sebagai elemen kekuatan pembangunan khususnya di Kalbar," harapnya. [sk/r]

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini