TNI-Polri Beri Pengamanan Imlek di Kota Singkawang

Sebarkan:

Kapolres Singkawang AKBP Prasetiyo Ahi Wibowo
Singkawang, Kalbar - Sebanyak 326 personel gabungan diturunkan dari Polres Singkawang, Kodim 1202/Singkawang, demi menjaga kelancaran dalam perayaan Imlek 2573 dan Cap Go Meh 2022.

Kapolres Singkawang AKBP. Prasetiyo Adhi Wibowo menuturkan, untuk memastikan keamanan masyarakat Singkawang saat beribadat, perlu pembentukan Tim khusus. Personil gabungan terdiri dari Polres Singkawang dan Kodim 1202/Singkawang akan disiagakan di tiap tempat kelenteng yang ada di Kota Singkawang sesuai jadwal yang telah terdata.

"Kami telah menurunkan sebanyak 326 personel untuk mengamankan kegiatan peribadatan di Kelenteng yang ada di Kota Singkawang," ujar AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo, pada Selasa (1/2/2022).

Masih Kapolres Singkawang, "Saya, Dandim dan seluruh Stake Holder menjaga kegiatan peribadatan pada perayaan Imlek 2573 dan Cap Go Meh 2022 dapat dilaksanakan dengan aman, tertib dan tentu penerapan Protokol Kesehatan Covid-19," paparnya.

Perlu diketahui, dalam Momen malam Imlek, peningkatan aktivitas masyarakat terus meningkat. Kepadatan aktivitas masyarakat tersebut dipantau langsung oleh tim gabungan dari Polres Singkawang, Kodim 1202/Singkawang, Satpol PP Singkawang, Dishub Kota Singkawang serta instansi lainnya.

Dimana saat pembatasan tersebut, hanya memperkenankan warga Tionghoa yang hendak beribadah untuk masuk ke area Vihara. Sementara pengunjung lainnya diminta untuk tidak berkerumun di area sekitar Vihara. Sehingga Kapolres Singkawang memutuskan untuk membatasi area di sekitar kelenteng.

"Kami mohon maaf bila mungkin biasanya pengunjung bisa menyaksikan peribadatan menjadi terganggu, namun situasi pandemi masih berlangsung saat ini,"  tutur Kapolres.

Selain itu, Kapolres juga mengatakan, pihaknya akan menerapkan rekayasa lalu lintas apabila terjadi kepadatan lalu lintas di Kota Singkawang dari Imlek hingga perayaan Cap Go Meh.

Pihaknya juga akan menyiapkan rute-rute alternatif untuk pengendara yang akan melintasi ke Kota Singkawang dari arah Pontianak ke Kabupaten Sambas dan Kabupaten Bengkayang maupun arah sebaliknya.

"Rekayasa arus lalu lintas ini dilakukan untuk mengurai kepadatan dan potensi kerumunan saat perayaan Imlek dan Cap Go Meh," ujarnya.

Lanjutnya, "Saya berharap masyarakat bisa tetap menjaga Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19, mengingat dengan meningkatnya kembali angka terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia, khususnya di Kota Singkawang," pungkas Kapolres Singkawang AKBP. Prasetiyo Adhi Wibowo. [SI]

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini