Kadisporapar Sekadau Hadiri Raker KONI, Bonus Atlet Siap Disalurkan

Sebarkan:

Kadisporapar Sekadau Bayu Dwi Harsono saat hadiri Raker KONI. SUARANUSANTARA.CO.ID/Ist
Sekadau, Kalbar - Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabuupaten Sekadau menggelar rapat kerja (raker) bersama pengurus cabang olahraga (cabor) salahsatunya membahas bantuan dana hibah dari Pemerintah Kabupaten Sekadau untuk bonus atlet, Selasa (13/6/2023) di Sekretariat KONI Sekadau.

“Insya Allah dalam waktu dekat bonus atlet peraih prestasi pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalbar 2022 akan disalurkan. Nah, raker bersama pengurus cabor salah satunya membahas bonus atlet peraih emas, perak dan perunggu,”kata Ketua KONI Sekadau Sunardi kepada awak media usai rapat.

Distribusi bonus atlet nantinya akan dilakukan kepada masing-masing cabor melalui rekening. Untuk dana pembinaan atlet di masing-masing cabor berharap bisa dianggarkan dalam anggaran perubahan tahun ini.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintah kabupaten Sekadau yang sudah mendukung KONI, salahsatunya menganggarkan dana hibah ini,” ucap Sunardi.

“Mari kita semua bersama saling mengisi untuk kebersamaan dalam organisasi KONI. Atlet kira sudah banyak prestasi. Jadi siapa bilang atlet Sekadau tidak berprestasi, ada beberapa cabor yang lolos ikut Pra PON, bahkan atlet berprestasi asli dari Sekadau,” tegas Sunardi.

Sunardi didampingi Sekretaris KONI, Fransisco Wardianus alias Mejeng saat raker memaparkan, tujuan raker menjalankan amanah AD/ART, sehingga untuk memutuskan kebijakan organisasi dengan rapat kerja.

“Kami juga selain mengundang seluruh pengurus KONI dan pengurus Cabor, juga hadir dari pemerintah kabupaten Sekadau, kepolisian dan kejaksaaan,” kata Sunardi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Seladau, Bayu Dwi Harsono dalam pengarahanya memberikan apresiasi untuk KONI. Karena acara seperti ini terus dilaksanakan senagai bentuk transparansi atau keterbukaan juga partisipatif melibatkan kepada pengurus dan cabor.

“Baru satu tahun kepengurusan KONI, dan memang ada beberapa dinamika yang perlu diselesaikan bersama. Semua organisasi tidak mudah yang jumlahnya anggotanya cukup banyak. Kadang lain kepala lain misi. Tapi semua bisa saling membangun kebersamaan,” ujar Bayu.

Menurut dia, KONI tujuan untuk meningkatkan olahraga di kabupaten Sekadau. Ia meminta kepada jajaran KONI jika ada masalah agar dibahas bersama untuk mencari solusi.

“Tolong jika ada masalah yang kurang pas ditanyakan baik-baik. Tidak malah ada yang memperkeruh suasana. Memposting di media sosial bukan menyelesaikan masalah, justru dengan pertemuan akan ada solusi. Pihak KONI kami harapkan agar terus komunikasi ditingkatkan dengan pemerintah daerah,” pesan Bayu.

Bayu juga menjelaskan terkait dana bonus atlet yang selama ini menjadi pertanyaan. Bonus atlet tidak masuk dalam anggaran hibah KONI tahun 2022, melainkan masuk pada tahun anggaran 2023.

“Kenapa hibah belum bisa diproses? semua hibah bukan hanya KONI saja, semua melalui proses, peraturan bupati (perbup) yang baru harus terbit terlebih dahulu, karena peraturan lama diganti yang juga menyesuaikan Permen juga ganti,” jelas Bayu.

Ia menambahkan, Perbup yang baru sudah terbit dan sudah diterima oleh Disporapar pada tanggal 31 Mei 2023. Setelah Perbup juga SK Bupati tentang besaran hibah.

“Nah, biar transparan, untuk dana hibah KONI pada anggaran APBD Sekadau tahun 2023 sebesar Rp500 juta dengan rincian bonus atlet Rp400 juta dan Rp100 juta untuk kesekretariatan KONI. Mulai bayar sewa sekretariat, ATK dan honor atau intensif staf sekretariat,” pungkas Bayu. [baim/r]

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini