9 Ruko di Sekayam, Kalbar Terbakar

Sebarkan:

Sebanyak 9 Ruko di Sekayam Kabupaten Sanggau, Kalbar ludes terbakar, Selasa (1/11/2022) dini hari.

Sanggau, Kalbar
- Sebanyak sembilan unit rumah tokp (ruko) di Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau ludes terbakar pada dini hari. 

"Kejadian sekitar pukul 01.20 wib dini hari.api saya lihat sudah membesar dari salah satu ruko yang ada ditengah,dari sembilan unit ruko yang ludes terbakar," ungkap Kades Balai Karangan,Erzan, Selasa (1/11/2022). 

Diungkapkan Erzan,dirinya juga sempat mengedor-gedor beberapa ruko agar penghuninya bangun. Api cukup cepat menyebar karena sebagian besar material ruko dari kayu. 

"Kerugian capai miliaran rupiah,karena ada apotek merangkap klinik,tempat usaha fotokopi,penjual motor bekas dan toko kelontong,"ujar Erzan.

Diakuinya,kekurangan sarana penunjang Unit Pemadam Kebakaran seperti hidran mengakibatkan pemadaman api menjadi kurang maksimal. 

"Warga bersama UPK Sekayam, sudah maksimal melakukan pemadaman, setelah 2 jam kejadian UPK Beduai dan Kembayan juga membantu pemadaman sisa -sisa api di sembilan ruko itu,"kata Erzan. 

Sementara itu,kordinator Tagana Sekayam,Norman Cahyadi mengakui cukup sulit melakukan pemadaman karena kekurangan sumber air. Kurang lebih 3 jam api baru bisa di jinakan dengan kondisi ruko ludes hanya satu unit yang bisa di amankan dengan kedaan 80 persen. 

"Ini kejadian yang ketiga kalinya selama 2 bulan terakhir ditahun 2022,dan yang terbesar karena ada sembilan unit ruko yang terbakar, saat kejadian tidak ada korban jiwa dan harta benda hanya sebagian yang bisa diselamatkan pemilik ruko,"jelas Norman Cahyadi. [agus/sk]

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini