Miris…! Bertahun-Tahun Warga di Pemukiman RT.005 dan 008 Desa Mungguk Sekadau ‘Menikmati’ Genangan Air

Sebarkan:

Genangan Air di pemukiman penduduk di RT 005 dan 008 Desa Mungguk Kabupaten Sekadau. SUARANUSANTARA.COM/Boim
Sekadau, Kalbar - Warga disekitaran pemukiman RT.005 dan RT.008 RW 002 Jalan Merdeka Timur Desa Mungguk Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau, mengeluhkan genangan air yang merendam pelataran belakang serta kolong rumah warga sudah bertahun-tahun lamanya tak kunjung surut yang diduga gorong-gorong atau drainase saluran air tertutup. 

Kejadian ini terhitung kurang lebih dari tahun 2017 sampai dengan sekarang, ucap Abi (51) warga setempat yang kesehariannya bekerja sebagai karyawan Swasta, Minggu (3/7/2022).

Abi juga menyatakan pihaknya merasa resah karena genangan air pada hari biasa saja sudah menggenang apalagi musim penghujan air meluap sampai kebadan jalan Raya Merdeka Timur Desa Mungguk Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau.

"Sampah menumpuk, Nyamuk bersarang digenangan air, dan yang paling kami takutkan sekarang pondasi rumah kami sudah mulai turun bisa-bisa beberapa tahun kedepan pondasi rumah kami akan runtuh akibat genangan air," kesal Abi. 

Ia menduga penyebabnya adalah saluran untuk mengalirkan air dari pemukiman warga ke sungai sewak menuju sungai Sekadau yang ada disekitaran Jalan Merdeka Timur tertutup atau tersumbat.

“Harapan kami agar pihak terkait bisa turun kelapangan untuk melihat langsung dan mengambil tindakan terkait hal ini,” harapnya. 

Genagan Air
Senada dengan Abi, Bi warga setempat juga mengatakan, air yang tergenang ini sudah lama mengenangi pemukiman warga, diduga saluran penghubung yang berada dibawah salah satu ruko tertutup.

“Pernah kita ajukan berapa kali tapi yang dibuat malah pembuangan disebrang jalan kita,”jelas Bi.

“Drainase gorong-gorongnya mungkin harus diperbesar, karena menurut pantauan kami drainase terlalu kecil juga,” tutupnya. (Boim)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini