83 Titik Api Ditemukan di Kalbar, Kabupaten Kubu Raya Tertinggi

Sebarkan:

Data Titik Api di Kalbar. [Sumber: BMKG]
Kubu Raya, Kalbar - Curah hujan yang cenderung rendah beberapa waktu terakhir membuat sejumlah titik api ditemukan di beberapa daerah di Kalbar oleh BMKG Supadio  sejak beberapa waktu terakhir.
prakirawan BMKG Supadio Noventia mengatakan jika menurut data Minggu (27/02/2022) pagi ada 32 titik yang tersebar, dan tertinggi ada di Kubu Raya .

"Untuk di Kubu Raya  kami temukan 17 titik,Landak 14,Sanggau 13 Mempawah 10 Ketapang dan Kapuas Hulu 7,Melawi Sambas 4 Sintang 3 Kayong Utara 2 Kapuas Hulu dan Sekadau 1 sedangkan Pontianak Singkawang nihil," ungkapnya.

Curah hujan pun diperkirakan Bmkg akan turun pada 1 maret khususnya di wilayah Kabupaten Melawi, Sintang dan Kapuas hulu dengan intensitas sedang hingga lebat. 

"Untuk wilayah lain hingga tanggal 03 Maret 2022 diprakirakan potensi hujan masih berada pada intensitas ringan  hingga sedang. Selanjutnya mulai tanggal 04 Maret 2022 diprakirakan potensi hujan mulai merata disebagian besar wilayah Kalimantan Barat dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat," tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kubu Raya,  M.Yasir  membenarkan sejumlah titik api yang muncul di kubu raya, dirinya menuturkan jika pada Sabtu ( 26/02/2022) kemarin, dua kebakaran hutan dan lahan ditemukan.

"Ada dua titik karhutla kemarin di Parit Haji Muksin dan Madusari, keduanya cukup sulit dijangkau sehingga petugas hanya melakukan bloking kembali,kemudian pada minggu siang api kembali berkobar di Parit Haji Muksin petugas pun masih berupaya memadamkan api yang menjalar, " pungkas Yasir. [SK]

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini