Pemkab Sekadau Gelar Audiensi Tindak Lanjut PPSP dan Implementasi SSK 2024

Sebarkan:

Foto Bersama Bupati Sekadau Aron disela audensi dengan Pokja PKP. SUARANUSANTARA.CO.ID/HO-Kominfo Skd
Sekadau, Kalbar (Suara Nusantara) - Guna menindaklanjuti Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) dan Implementasi Strategi Sanitasi Kabupaten (SSK) Kabupaten Sekadau tahun 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sekadau menggelar audiensi dengan Kelompok Kerja Perumahan dan Kawasan Permukiman (Pokja PKP) di Kantor Bupati Sekadau.

Audiensi ini dipimpin oleh Bupati Sekadau, Aron, didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Mohammad Isa, serta dilaksanakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Riset, dan Inovasi Daerah (Bapperida). Dalam audiensi tersebut, dilakukan penandatanganan berita acara terkait penyepakatan paket kebijakan sanitasi oleh Bupati Sekadau dan Tim Pokja PKP Kabupaten Sekadau.

Bupati Aron mengapresiasi kinerja Tim Pokja PKP dan menekankan pentingnya tindak lanjut serta persiapan agenda berikutnya sesuai tahapan implementasi SSK PPSP. Terkait masalah persampahan, Bupati Aron menekankan pentingnya kepedulian masyarakat. 

“Bila perlu kita adakan lomba mengenai kepedulian sampah ini, agar membangun pemikiran masyarakat untuk peduli terkait dengan sampah yang ada di Kabupaten Sekadau," usulnya.

Sementara itu, Kepala Bapperida Kabupaten Sekadau, Teresia Lili, yang juga merupakan anggota Tim Pokja PKP, menjelaskan bahwa Rekomendasi Strategis dan Paket Kebijakan Sanitasi Kabupaten Sekadau Tahun 2024-2029 mengusung tema “BEGAWAI AM" (Bersama, Bergandeng, Bekerja Mewujudkan Sanitasi Higienis dan Aman).

Paket kebijakan ini menjadi komitmen Bupati terhadap percepatan pembangunan sanitasi di Kabupaten Sekadau tahun 2024-2029. Paket kebijakan ini akan diintegrasikan ke dalam Renstra dan Renja OPD, serta menyusun program kegiatan secara rinci. Adapun paket kebijakan sanitasi di Kabupaten Sekadau terdiri dari enam paket, yaitu: Melesat Jaya (Mewujudkan Sekadau Lebih Sejahtera Bermartabat, Jamban Sehat Sayang Keluarga), Si Paling Laju (Sistem Pengelolaan Air Limbah Aman di Lingkungan dan Berkelanjutan), Sida' Kota (Sistem Drainase Kawasan Perkotaan), Inang Muang Rau (Beriringan, Berjuang Memasyarakatkan Untuk Tidak Buang Sampah Sembarangan di Sekadau), Boh Pengari (Bersama Optimalkan Perubahan Perilaku Dengan Keterampilan dan Edukasi), Saja Anal (Sekadau Juara Award Nasional)

Paket kebijakan ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan sanitasi yang higienis dan aman di Kabupaten Sekadau, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan. [baim/r]

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini