Angka Kunjungan Wisata di Kalimantan Barat Menurun

Sebarkan:

Kepala BPS Kalbar saat memberikan pers rilis bulanan
Pontianak, Kalbar (Suara Nusantara) - Kendati banyak agenda wisata di Kalimantan Barat,namun angka kunjungan wisatawan ke sejumlah Kabupaten Kota di Kalbar  pada bulan januari menurun dibanding desember tahun 2023.
 
Kepala BPS Kalbar Muh saichudin mengatakan  penurunan ini cukup signifikan jika dibanding dengan Bulan Desember tahun 2023 yakni mencapai 8000 kunjungan wisatawan sedangkan Januari hanya 4000 kunjungan wisata.

“ Kami menilai tidak ada libur panjang seperti yang terjadi di Bulan Desember, sehingga masyarakat cenderung enggan bepergian,” kata Muh Saichudin Sabtu (02/03/2024)

Saichudin menjelaskan jika wisatawan ramai berkunjung melalui terminal antar negara, sehingga banyak menggunakan akses darat dibanding jalur udara pintu masuk yang menjadi favorit wisatawan yakni Entikong,Aruk dan Nanga Badau.

“Sedangkan untuk jagoi babang dan bandara supadio tidak terlihat kunjungan wisatawan hingga akhir Januari kemarin,” jelasnya.

BPS mencatat wisatawan yang berkunjung memang masih didominasi oleh wisatawan mancanegara yang berkunjung ke sejumlah wilayah di Kalimantan Barat untuk berkunjung ke lokasi wisata atau menyambangi sanak saudara. [sep/sk]

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini