Umat Budha di Kalbar Ramai Beribadah di Vihara Rayakan Waisak

Sebarkan:

Umat Budha di Kalbar saat ibadah perayaan Waisak. SUARANUSANTARA.CO.ID/SK
Kubu Raya, Kalbar - Usai Covid-19 dinyatakan mereda dan bahkan Indonesia sudah menganjurkan untuk melepas masker, segala bentuk keramaian seperti merayakan hari besar keagamaan pun kembali digelar, seperti yang terlihat di Vihara Vajra Bumi Kertayuga di Jalan Arteri Supadio Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya yang Tengah merayakan Waisak pada Minggu (4/6/2023) siang.

Masyarakat pun ramai melakukan ibadah hari raya waisak, hal tersebut diakui oleh salah satu pengurus vihara yakni Biksu Lian Sui Fashi yang mengatakan antusias jemaat budha kali ini memang cukup ramai dibanding pada saat pandemi Covid-19 melanda dan tidak memperbolehkan ibadah secara beramai- ramai. "Antusias masyarakat sangat tinggi, dan diperkirakan 1000 jemaat hadir pada waisak kali ini," kata Biksu Lian Sui Fashi 

Biksu Lian Sui Fashi  menjelaskan pihaknya pun sudah mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut jemaat pasca pandemi, sehingga agar jemaat dapat beribadah dengan tenang tanpa harus berdesak- desakan.

"Kursi di lorong- lorong Vihara sudah kita persiapkan guna memberikan kenyamanan jemaat beribadah tidak hanya itu kita juga menyiapkan makanan gratis untuk para tetamu yang datang," paparnya. 

Selain itu kali ini Vihara Vajra Bumi Kertayuga juga menyiapkan tiga patung yang akan disiram oleh para jemaat sebanyak 3 buah hal ini guna menghindari antrian jemaat yang menumpuk saat akan melakukan penyiraman.

"Kita tahu pada kali ini pasti akan sangat ramai jika kita siapkan tiga rupang atau patung untuk disiram oleh para jemaat," tutupnya. [sk]

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini