1000 Pemudik Gratis Presisi Khatulistiwa Diberangkatkan

Sebarkan:

Pemudik lebaran di Kalbar saat diberangkatkan
Pontianak, Kalbar - Mudik Gratis Presesi Khatulistiwa 1000 Orang dengan menggunakan 30 kendaraan Bus resmi dilepas Oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, bersama Forkopimda Provinsi Kalbar di Lapangan Jananuraga Polda Kalbar, Rabu (19/4/2023).

"Mudik gratis presisi khatulistiwa berkolaborasi dari semua komponen Pemerintahan maupun swasta. Saya berharap tahun depan kita buat lebih ramai, kalau perlu tahun ini 1.000 tahun depan 3.000. Kita siapkan semuanya dari awal kalau bisa tidak 1 hari tapi 3 hari supaya masyarakat ada pilihan, dan mengurai penumpukan," ungkapnya.

Orang nomor satu di Kalimantan Barat juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolda, Pangdam beserta seluruh Jajaran yang telah memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat yang akan merayakan hari Raya Idul Fitri 1444 H pada tahun ini.

"Mudah-mudahan semuanya bisa nyaman dan bahagia di tahun yang penuh dengan tantangan dari berbagai segala hal termasuk permasalahan inflasi dan sebagainya," harapnya.

Ditempat yang sama, Kapolda Kalbar, Irjen Pol Pipit Rismanto menjelaskan dalam kegiatan ini kuota pemudik yang disiapkan sebanyak 1000 orang yang telah dibuka pendaftaran sejak tanggal 12 April 2023 sampai dengan 18 April 2023. Adapun jumlah armada yang disiapkan adalah 30 kendaraan yang terdiri dari 19 Bus DAMRI dan 11 Bus Polri dengan 3 rute jalur Perjalanan untuk keberangkatan ke seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Kalimantan Barat.

"Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat yang sudah bersedia untuk berpartisipasi dalam menggunakan fasilitas mudik gratis ini. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif solusi dalam mengurangi kepadatan arus mudik di jalan raya serta mengurangi resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas sehingga tujuan utama mudik dapat betul-betul tercapai dengan baik sesuai dengan tema yang di usul saat ini yaitu Mudik Aman Mudik Berkesan," terangnya.

Tak hanya itu Kapolda Kalbar juga menghimbau kepada pengemudi yang membawa kendaraan rombongan pemudik untuk memprioritaskan keselamatan penumpang dan pengguna jalan serta dapat mengendarai kendaraan dengan aman dan nyaman serta mematuhi aturan lalu lintas.

Sementara itu, salah satu pemudik yang bernama Muhammad Hazim mengucapkan banyak terima kasih kepada penyelenggara yang telah menginisiasi kegiatan Mudik Gratis.

"Syukur Alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini yang diinisiasi oleh Bapak Gubernur dan Kapolda kami ucapkan banyak terima kasih. Jadi kami dapat berjumpa dengan keluarga kami di kampung dan sembakonya juga kami ucapkan terima kasih juga adalah oleh-oleh kami yang kami bawa ke kampung," ucapnya.

Dirinya juga berharap di tahun yang akan datang kegiatan ini dapat terselenggara lebih ramai dan meriah serta mengharapkan adanya rute untuk kepulangan ke Pontianak.
"Kalau dapat baliknya ade juak," ucapnya dengan dialeg asli Sambas.

Sebagai informasi, pada kegiatan mudik gratis presesi khatulistiwa turut diserahkan secara simbolis paket sembako kepada para pemudik. [rls]

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini