Perisai Suku Dayak Bisa jadi Hiasan Dinding Rumah

Sebarkan:

Pengrajin Perisai Dayak
Pontianak, Kalbar - Perisai atau talawang merupakan salah satu senjata suku dayak. Namun, ternyata setiap perisai suku dayak memiliki bentuk berbeda, tergantung dari daerah masing-masing, dikarenakan berbagai macam bentuk tersebut merupakan satu dianatara keragaman seni di kalangan masyarakat suku dayak.

Kristianus satu diantara Seniman Perisai dalam suku dayak meenjelaskan, dalam berperang masyarakat suku dayak tidak hanya mengandalkan mandau sebagai senjata utama. Namun mereka juga menggunakan talawang atau perisai untuk melindungi diri dari serangan musuh maka dari itu perisai bagi masyarkat dayak menjadi sangat penting.

"Seperti dayak hulu yakni dayak iban, taman, kayan memiliki perisai persegi enam dan kerucut. Sedangkan dayak kanayan dan salako memiliki bentu yang lain pula, yakni bentuk oval," katanya di Rumah Radank, Sabtu (21/5/2022).

Lanjut dia, dengan adanya perbedaan ini menjadi kenanekaragaman perisai di Kalimantan, meski sudah tidak digunakan menjadi alat pelindung saat perang, perisai masih digunakan masyarakat dayak, menjadi hiasan dinding rumah warga.

"Perisai juga menjadi properti menari saat pertunjukan atau acara – acara adat lainya," tutupnya. [SI]

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini