Karhutla Masih Melanda, Pemkab Kubu Raya Ajak Semua Bersinergi

Sebarkan:

Salah satu titik api di Kabupaten Kubu Raya, Kalbar.
Kubu Raya, Kalbar - Sejak beberapa waktu terakhir , kebakaran hutan dan lahan telah melanda kabupaten kubu raya, menurut data BMKG Supadio Pontianak mencatat ada 44 titik api di Kubu Raya dari total 128 titik yang tersebar di sejumlah daerah di Kalimantan Barat.

Ditemui usai memimpin Apel Siaga Karhutla Senin (1/3/2022) pagi Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan jika Kubu Raya wilayah terdekat dengan Bandara Internasional sehingga jika banyak ditemukan karhutla tentu jalur penerbangan terganggu.

“Dominan Kubu Raya adalah lahan gambut, sehingga jika tidak di padamkan hingga selesai api tersebut akan hidup kembali dan tentu menimbulkan asap yang megganggu,” tuturnya. 

Muda menjelaskan fenomena karhutla bukanlah hal yang baru namun sudah kerap kali ditemukan,adanya hal ini dirinya mengajak semua pihak bersinergi terhadap peristiwa ini.

“Damkar yang ada baik dari tni polri pemerintah dan swasta harus bersinergi, seluruh elemen ditingkat bawah bahkan RT dapat memahami terlebih pada wilayah yang langganan terjadi karhutla,” tambahnya.

Adanya kabut asap yang mulai menyelimuti turut menjadi perhatian khusus, terlebih kini dunia tengah di hadapkan dengan pandemic sehingga Muda mengajak seluruh masyarakat untuk lebih perduli terhadap karhutla dan akibatnya. [SK]

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini