Pemkab Sekadau Gelar Rakor Penguatan Pengelolaan SP4N-LAPOR

Sebarkan:

Rakor Penguatan Penglolaan SP4N-LAPOR Pemkab Sekadau.
Sekadau, Kalbar (Suara Nusantara) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sekadau mengadakan Rapat Koordinasi Penguatan Pengelolaan Pengaduan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) di aula Kantor Bupati Sekadau, Kamis (21/11/2024).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sekadau ini bertujuan untuk memperkuat tata kelola pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan responsif terhadap keluhan maupun aspirasi masyarakat.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Sekadau, Hartono, menjelaskan pentingnya penguatan sistem SP4N-LAPOR dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Kegiatan ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel, yang secara langsung memperkuat fungsi pelayanan publik. Tujuannya adalah meningkatkan tata kelola pemerintahan yang terbuka, cepat, murah, mudah, dan setara dalam layanan pengaduan,” ujarnya.

Plt. Asisten III Bidang Administrasi Umum, Sapto Utomo, turut memberikan apresiasi atas inisiatif yang dilakukan Diskominfo. Menurutnya, sistem ini dapat menjadi alat yang efektif untuk mewujudkan keterbukaan informasi sekaligus mendorong peningkatan kualitas pelayanan.

“Harapan saya, orang-orang di organisasi ini dapat memiliki kemampuan yang lebih baik sehingga sistem ini dapat berjalan maksimal,” ungkap Sapto.

Sistem SP4N-LAPOR dirancang untuk mempermudah masyarakat dalam menyampaikan keluhan atau aspirasi terkait pelayanan publik. Dengan sistem ini, masyarakat dapat menyampaikan pengaduan secara cepat dan mudah, sementara pemerintah daerah dapat merespons secara lebih efektif.

“Dengan sistem ini, diharapkan akan tercipta keterbukaan pemerintah daerah, sekaligus mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik,” tambah Sapto.

Rapat koordinasi ini juga menjadi momentum bagi Pemkab Sekadau untuk memperkuat komitmen menghadirkan layanan yang lebih responsif dan inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat. Pemerintah berharap sistem ini tidak hanya menjadi sarana pengaduan, tetapi juga menjadi jembatan komunikasi yang efektif antara masyarakat dan pemerintah.

Melalui SP4N-LAPOR, Pemkab Sekadau optimis dapat memberikan pelayanan publik yang lebih baik, sejalan dengan visi pemerintahan yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat. [baim/r]

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini