Produsen Lemang di Kota Pontianak Tambah Karyawan karena Banjir Pesanan

Sebarkan:

Proses pembakaran lemang di Pontianak. SUARANUSANTARA,CO.ID/sk
Pontianak, Kalbar (Suara Pontianak) - Lemang merupakan makanan yang terbuat dari ketan putih yang dimasak dengan cara dibakar dalam bambu dan disajikan saat berbuka puasa.

Iwan satu diantara produsen lemang asal Kota Pontianak mengaku sudah 30 tahun memproduksi makanan tradisional tersebut, bahkan dihari – hari biasa dirinya tetap memproduksi.

“Hari biasa juga produksi,namun pembuatan lemang cukup melonjak terlebih pada bulan ramadhan seperti saat ini,” kata Iwan Minggu (17/03/2024)
 
Iwan menjelaskan guna menghadapi lonjakan pelanggan,dirinya sampai menambah jumlah karyawan untuk membantu proses produksi,dirinya pun memanfaatkan pemuda sekitar rumahnya untuk membantu proses pembuatan lemang.

“ada sekitar 10 orang pekerja tambahan, namun karna mereka ada yang kuliah pulang kuliah baru bantu kalau yang  memang tidak kuliah fokus membantu dari pagi,” jelasnya.

Proses pembuatan lemang yakni harus selalu memperhatikan api dan rajin membolak-balikan lemang agar tidak gosong salah satu bagian, sehingga pada sesi ini dirinya membutuhkan banyak karyawan.

“Kita harus fokus, jangan sampai api besar harus tetap di bolak -balik agar matang sempurna dan tidak ada yang gosong,” tambahnya.
 
Jika musim ramadhan dan idul fitri pesanan bisa mencapai ratusan kilogram ketan,kendati saat ini harga ketan putih cukup tinggi dirinya hanya menaikkan harga lemang ukuran besar saja untuk menutupi kenaikan harga bahan pokok pembuat lemang.

Lemang ukuran kecil produksi Iwan di bandrol harga Rp 30.000  sedangkan ukuran besar mencapai Rp 40.000. Lemang tersebut tidak hanya menjual sendiri namun banyak masyarakat yang menjadi reseler lemang buatanya. [sk]


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini