Ketua AMSI Kalbar: Pers Bebas Tapi Harus Tanggungjawab

Sebarkan:

Ketua AMSI Kalbar, Kundori
Pontianak, Kalbar -  Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Kalimantan Barat, Kundori mengucapkan selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2023 dengan tema ‘Pers Bebas Demokrasi Bermartabat’ dan berharap menjadi momentum dan evaluasi pers di Indonesia.

“Saat ini pers tidak hanya bebas dalam melaksanakan tugas jurnalistik, tetapi juga harus memiliki rasa tanggung jawab,” kata Kundori saat diminta Narasumber RRI Pontianak pada Momentum HPN 2023, Kamis (9/2/2023) pagi.

Menurut Kundori yang merupakan CEO Suara Media Group ini, Pers harus bertanggung jawab dalam pemberitaan yang disiarkan atau diberitakan melalui media massa.

“Apalagi di era digital saat ini, jangan hanya mengejar kecepatan, tapi harus mengutamakan produk jurnalistik yang akurat sesuai kaedah jurnalistik yang ada,” kata Kundori.

Apalagi, lanjut Kundori yang sedang menyelesaikan Magister Ilmu Politik di Untan Pontianak ini,  saat ini menjelang Pemilu 2024, pers harus benar-benar menjadi perhatian bersama dalam menyuguhkan berita atau konten berkaitan politik.

“Pers sebagai salah satu pilar demokrasi memiliki peran strategis dalam membendung dan menjadi jalan keluar bagi kian maraknya hoaks dan disinformasi menjelang dan selama penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 yang disebarluaskan terutama melalui media sosial,” tegas Kundori.

“Nah, secara ideal, pers memiliki peran sebagai penyuara kepentingan publik yang objektif demi menjaga suhu sosial dan menghindari perpecahan masyarakat jika terdapat informasi yang tidak benar,” pungkas Kundori.[tim]

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini